.
Home » » Pengertian elcb dan cara kerjanya

Pengertian elcb dan cara kerjanya


ELCB
Earth Leakaque Circuit Breaker atau alat pengaman arus bocor tanah atau juga disebut saklar pengaman arus sisa (SPAS) bekerja dengan sistim differential, saklar ini memiliki sebuah transformator arus dengan inti berbentuk gelang, inti ini melingkari semua hantaran suplay ke mesin atau peralatan yang diamankan, termasuk hantaran netral, ini berlaku untuk semua sambungan satu-phasa, sambungan tiga-phasa tanpa netral maupun sambungan tiga-phasa dengan netral.
Dalam keadaan normal, jumlah arus yang dilingkari oleh inti trafo adalah sama dengan nol, kalau terjadi arus bocor ketanah, misalkan 0,5 ampere, maka keadaan setimbang ini akan terganggu, karena itu dalam inti trafo akan timbul medan magnet yang membangkitkan suatu tegangan dalam kumparan sekunder, Arus defferntial terkecil yang masih menyebabkan saklar ini bekerja disebut arus jatuh nominal (If) dari saklar. Saklar ini direncanakan untuk suatu arus jatuh nominal tertentu. Prinsip kerja ELCB :
Pada saat terjadi gangguan arus yang mengalir dipenghantar phasa tidak sama lagi dengan arus yang mengalir pada netral ( IL = IN + If ) atau sistim dikatatakan dalam keadaan tidak seimbang, arus differensial ini dibandingkan dalam sebuat sistim trafo toroida. Ketidak seimbangan antara arus phasa dengan arus netral menandakan adanya arus bocor ketanah akibat kegagalan isolasi, ketidak seimbangan arus ini akan menyebabkan fluks magnet pada toroida sehingga pada bilitan sekunder toroida akan dibangkitkan suatu tegangan yang berfungsi untuk menggerakan relai pemutus mekanisme kontak, kemudian kontak utama ELCB akan memutuskan hubungan dengan peralatan.
Untuk instalasi rumah kita dapat memilih ELCB dengan kepekaan yang lebih tinggi yakni ELCB dengan ratting arus sisa 10 mA atau 30 mA. Perlindungan yang idial untuk instalasi listrik apapun seharusnya memiliki perangkat pengaman terhadap beban lebih, hubung singkat dan arus bocor. Untuk mengamanka sistim dan peralatan yang kita gunakan sebaiknya sistim kita memilki pentanahan yang baik dalam arti nilai impedansi pentanahan harus sekecil mungkin agar pengaliran arus gangguan ketanah berlangsung dengan sempurna.
Bagaimanapun juga kenaikan nilai impedansi beberapa ohm saja bisa mempengaruhi pengaliran arus gangguan ketanah menjadi tidak sempurna, sehingga pada kondisi ini terjadi penambahan waktu pemutusan rangkaian dalam beberapa menit untuk ELCB tersebut bekerja, atau ada kemungkinan sama sekali ELCB tersebut tidak bisa bekerja.
Banyak contoh yang terkait dengan pentanahan peralatan yang mengalami gangguan, sehingga satu-satunya cara perlindungan yang dapat diberikan adalah melalui pemakaian ELCB dengan kepekaan tinggi. Perlu dicatat bahwa tidak tertutup kemungkinan terjadinya gangguan yang dapat membahayakan manusia atau mahluk hidup akibat dari pentanahan yang tidak baik, yang mana nilai impedansi pentanahan yang bisa berubah. Kalau tegangan pada badan peralatan yang ditanahkan tidak boleh melebihi 50 Volt, maka syarat untuk tahanan dari lingkaran arus pentanahannya adalah : R ka < 50/I, Saklar ini dapat dicoba dengan sebuah tombol tekan percobaan yang terdapat pada saklar, tahanan dari lingkaran arus percobaan dipilih sedemikian hingga saklar kutub dua untuk tegangan AC 220 Volt, bisa juga digunakan pada tegangan 127 Volt. Saklar ini memiliki magnet hilang, karena itu pemutusannya tidak bergantung pada tegangan jaringan.
Suatu arus bocor akan menyebabkan suatu medan magnet kedua dalam magnet halang (medan halang), karena medan halang ini jalan ke angker bagi garis-garis gaya dari magnet permanent akan tertutup. Sebuah magnet permanent menimbulkan garis-garis gaya megnetik dalam dua paket besi trasformator dengan permiabilitas yang rendah. Sebagian besar dari garis-garis gaya megnet tersebut melewati sebuah angker, sehingga angker ini akan ditarik. Gaya tarik maknet ini mengalahkan gaya tarik sebuah pegas.
Pemutusan dari saklar berlangsung sebagai berikut : kalau dalam lingkaran arus utama terjadi hubung tanah, maka dalam kumparan sekunder dari transformator akan timbul suatu tegangan, karena itu dalam kumparan dari magnet halang yang dihubungkan dengan magnet sekunder akan mengalir arus. Arus ini akan membangkitkan suatu medan magnet, garis-garis gaya dari medan tersebut harus juga melalui tempat-tempat sempit E, karena itu ditempat ini garis-garis gaya itu akan tertutup, oleh karena itu magnet tersebut diberi nama magnet halang.
Dengan demikian seluruh garis gaya dari magnet permanent sekarang terpaksa harus melaluishunt magnet tersebut. Garis gaya yang semula melalui angker, sekarang tertarik ke shunt magnet, karena itu angker tersebut akan terlepas dan ditarik oleh pegasnya gerakan ini akan menyebabkan saklar arus bocor tanah akan mebuka secara mekanis.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

29 komentar:

  1. artikelnya menarik gan..kunjangn baliknya gan ya http://99netto.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Gan, saya punya beberapa pertanyaan
    1. Jika Suatu ELCB terpasang, dan pada Terminal T-doos sambungan Kabel phase kurang nempel dan terjadi percikan api apakah ELCB akan Turun(memutuskan arus)?
    2. Diagram wiring PLN--MCB(PLN)--ELCB--MCB(pembagi titik STK dan lampu), jika terjadi Trip/short yang turun yang mana?
    3. Jika diagram wiring PLN--MCB(PLN)--ELCB(pembagi titik), jika terjadi Trip/short apakah menimbulkan kerusakan pada ELCB?

    BalasHapus
  3. Gan, saya punya beberapa pertanyaan
    1. Jika Suatu ELCB terpasang, dan pada Terminal T-doos sambungan Kabel phase kurang nempel dan terjadi percikan api apakah ELCB akan Turun(memutuskan arus)?
    2. Diagram wiring PLN--MCB(PLN)--ELCB--MCB(pembagi titik STK dan lampu), jika terjadi Trip/short yang turun yang mana?
    3. Jika diagram wiring PLN--MCB(PLN)--ELCB(pembagi titik), jika terjadi Trip/short apakah menimbulkan kerusakan pada ELCB?

    BalasHapus


  4. تتميز الشركة بتوفير مجموعة كبيرة من العمالة المدربة والقادرة علي التعامل مع كافة أنواع أجهزة رش المبيدات المختلفة والتي يمكنها الوصول إلى أدق الأماكن التي تنتشر بها الحشرات بكل سهولة وكذلك تقضي عليها بشكل تام
    كما توفر الشركة إمكانية تنظيف المكان المصاب بعد الانتهاء من عملية المكافحة وذلك لضمان نجاح العملية بالكامل وخلو المكان من أي نوع من أنواع الحشرات التي تم مكافحتها كما يتم تعقيم المكان بالكامل فور الانتهاء من عملية التنظيف

    شركة رش مبيدات بنجران
    شركة مكافحة حشرات برماح
    شركة رش مبيدات بحوطة بني تميم
    شركة مكافحة النمل الابيض بشقراء
    شركة رش مبيدات ببيشة
    شركة رش مبيدات برماح
    شركة رش مبيدات بالجوف
    شركة رش مبيدات بالدلم
    شركة رش مبيدات بالدوادمى
    شركة رش مبيدات بالعينة

    __________________________

    BalasHapus
  5. sekarang kalian bisa memainkan permainan seru
    Mainkan Poker Online di agens128
    dengan minimal deposit hanya 10rb untuk Poker Online
    dengan pelayanan cepat dan ramah dari cs kami :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang !!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  6. Saya pasang elcb Schneider,tapi tidak berfungsi,sebab phasa + nya saya pegang tanpa alas kaki,elcb tidak trip,apa yg salah mohon penjelasannya trims

    BalasHapus
  7. pourquoi ne pas essayer cela sacs répliques hautes je lisais ceci Dolabuy Gucci parcourez ces gars Dolabuy Balenciaga

    BalasHapus
  8. look at this web-site replica bags chicago dolabuy ysl replica kipling bags her comment is here louis vuitton replica bags neverfull

    BalasHapus

Ambil hak anda untuk berkomentar di blog ini!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Informasi terupdate - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger